Header AD

home ads

Telat Bayar Kredit, Apa Risikonya?

 



Membeli mobil dengan sistem kredit memang menguntungkan. Karena Anda tidak perlu menunggu sampai memiliki uang seharga mobil untuk bisa membawa pulang mobil impian. Apalagi, saat ini perusahaan pembiayaan Mitsubishi di Indonesia juga sering mengadakan berbagai promo yang pastinya semakin menguntungkan. Tidak hanya itu, proses pengajuan kredit juga saat ini terbilang sederhana.

Namun jangan lupa, setelah proses kredit diterima artinya Anda memiliki kewajiban untuk membayar cicilan selama masa periode pinjaman atau kredit. Lalu, bagaimana jika Anda telat membayar? Berikut ini beberapa dampaknya :

● Denda

Jelas saja, hal pertama yang pasti harus Anda tanggung adalah denda keterlambatan. Besaran denda ini akan bergantung pada persentase bunga denda yang dibebankan pada Anda oleh lembaga pembiayaan. Tidak hanya itu, denda keterlambatan ini juga bisa dihitung secara harian. Jadi semakin lama Anda terlambat membayar, maka denda yang akan dibebankan akan semakin besar.

● Perubahan status skor kredit

Semua kredit yang dilakukan pada lembaga resmi yang berbadan hukum akan tercatat dalam OJK sebagai riwayat kredit. Riwayat ini yang akan menjadi dasar penentuan skor kredit Anda nantinya. Ketika terjadi keterlambatan pembayaran, maka status kredit Anda yang awalnya lancar akan berubah menjadi kurang lancar. Jika tagihan kredit tidak dibayar hingga jangka waktu tertentu, maka status skor kredit ini akan terus menurun hingga akhirnya mencapai kredit macet.

● Penarikan kendaraan

Ketika kendaraan yang dijaminkan sudah terdaftar dalam jaminan fidusia maka lembaga pembiayaan berhak untuk melakukan penarikan kendaraan. Namun, ada berbagai syarat dan prosedur yang harus dipenuhi oleh lembaga tersebut. Salah satunya yaitu jika pihak kreditor maupun debitur mengakui adanya wanprestasi, dan hal ini juga harus tercantum dalam surat perjanjian saat melakukan transaksi.

Lalu, apakah semua hal tersebut bisa terjadi jika hanya terlambat membayar cicilan selama beberapa hari?

Tentu saja tidak. Anda akan tetap dikenai denda meskipun terlambat hanya beberapa hari saja. Namun untuk penurunan skor kredit dan penarikan kendaraan, hal ini hanya terjadi jika tagihan sudah terlambat selama beberapa periode. Dan lembaga pembiayaan biasanya akan mengingatkan Anda untuk membayar tagihan jika sampai tanggal jatuh tempo masih belum dibayar juga. Jadi jika hanya beberapa hari, Anda tidak perlu khawatir.
 
 
 
 
Telat Bayar Kredit, Apa Risikonya? Telat Bayar Kredit, Apa Risikonya? Reviewed by hariadiaffa@gmail.com on November 02, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar

Post AD

home ads