Header AD

home ads

Hidup Sehat Hidup yang Hemat, Ini Buktinya




Bagi banyak orang, menjalankan cara hidup sehat bukanlah perkara yang gampang. Apa buktinya? Coba Anda perhatikan pemandangan di tempat-tempat umum, pasti Anda tak akan sulit menemukan orang-orang dengan santainya menikmati rokok. Belum lagi masalah sampah yang di berbagai tempat masih menjadi problem, agaknya sampai saat ini masih sulit untuk menyadarkan masyarakat akan arti pentingnya kebersihan.

Itu semua muaranya tentu bisa mengakibatkan terganggunya kesehatan masyarakat. Padahal kalau mau menyadari, menjalankan hidup sehat tak sedikit manfaatnya, antara lain bisa mencegah terjadinya serangan berbagai jenis penyakit. Untuk itu kita patut bersyukur, arti pentingnya kesehatan bagi masyarakat ternyata tak lepas dari perhatian pemerintah. Melalui program BPJS Kesehatan, kini pemerintah memberikan fasilitas kesehatan yang bisa diikuti seluruh warga masyarakat.

Di era digital dengan kecanggihan teknologi informasi yang didukung dengan layanan internet yang bagus, kini program BPJS Kesehatan bisa diakses dengan mudah, lebih praktis dan lebih cepat. Tak salah jika program ini terbilang cukup populer dan cepat menyerap minat masyarakat. Salah satu kelebihannya, BPJS Kesehatan memberikan layanan dengan tarif yang lebih terjangkau dibandingkan asuransi kesehatan.

Ketika menjadi anggota BPJS Kesehatan, maka salah satu kewajiban Anda adalah membayar sejumlah iuran setiap bulan, besarnya tergantung pada jenis layanan yang Anda manfaatkan. Berapa besarnya tagihan iuran BPJS yang harus Anda bayar setiap bulan? Anda bisa cek tagihan BPJS online melalui beberapa cara, antara lain : melalui website resmi BPJS, melalui SMS Gateway atau melalui Aplikasi Mobile JKN. Cukup mudah, begitu juga cara membayarnya, Anda bisa melakukan secara online di blibli.com.

Menjalankan gaya hidup sehat tentu tidaklah sia-sia, banyak dampak positif yang bisa diperoleh untuk kebaikan tubuh Anda. Misalnya saja, tubuh menjadi segar bugar, bisa menjaga berat badan tetap normal, menambah energi, mencegah terjadinya serangan berbagai jenis penyakit, sehingga membuat Anda tetap sehat, jarang terserang penyakit.

Oleh karena itu, sadar atau tidak sadar, ternyata menjalankan cara hidup sehat bukan saja bermanfaat bagi tubuh Anda, namun juga bisa menghemat pengeluaran. Bagaimana tidak, dengan tubuh yang sehat tentu Anda tak perlu sering periksa kesehatan ke dokter, beli obat atau pelayanan kesehatan lainnya. Anda bisa bayangkan, itu semua kalau harus dilakukan, tentu tak sedikit butuh biayanya, bisa jadi mengganggu keuangan Anda.

Berikut ini beberapa manfaat keuangan yang bisa Anda peroleh ketika tubuh Anda dalam kondisi sehat dan bugar, yakni antara lain :

1. Bayar premi asuransi lebih ringan

Ada dua kemungkinan seseorang membeli polis asuransi, yakni yang pertama bisa atas kehendak Anda sendiri karena memang sudah punya niat sejak awal dan yang kedua terpaksa karena adanya keterkaitan dengan sesuatu keperluan Anda. Misalnya saja untuk kepentingan pengajuan kredit uang atau barang, biasanya akan ada komponen biaya proses kredit, salah satunya adalah biaya asuransi jiwa dari diri Anda sebagai calon kreditur.

Nah, dengan kondisi tubuh Anda yang mempunyai riwayat kesehatan cukup bagus ditambah tidak merokok dan mengonsumsi barang terlarang lainnya, pasti premi asuransi yang harus Anda bayar lebih murah.

2. Bisa bekerja lebih produktif

Ini cukup logis, dengan kondisi badan yang selalu sehat dan bugar, tentu Anda bisa memanfaatkan waktu semaksimal mungkin untuk mengisi hidup utamanya bekerja. Anda tak banyak direpotkan dengan urusan kesehatan, misalnya harus istirahat bekerja karena keperluan periksa dokter, periksa lanjutan di lab atau bahkan harus opname di rumah sakit.

Dengan gaya hidup sehat, Anda bisa menyelesaikan pekerjaan dengan baik dan tepat waktu, tidak menutup kemungkinan Anda dinilai atasan bekerja dengan bagus, sehingga Anda bisa dapat promosi jabatan atau dapat proyek yang lebih besar lagi. Bagus bukan?

3. Hemat biaya periksa ke dokter

Mempunyai tubuh yang senantiasa sehat, pastinya Anda jarang pergi ke dokter untuk periksa atau konsultasi kesehatan. Anda perlu pergi ke dokter hanya pada saat tertentu, misalnya untuk keperluan cek kesehatan rutin sebagai tindakan preventif. Oleh karenanya, Anda tak perlu banyak mengeluarkan biaya untuk pos anggaran ini.

4. Hemat biaya membeli obat

Kalau Anda jarang sakit, tentunya juga juga jarang ke apotek untuk membeli obat. Untuk keperluan obat sakit yang tergolong ringan, seperti flu, batuk atau sejenisnya, cukup obat-obat yang bebas di jual di pasaran, sehingga juga tak begitu mahal.

Nah, itulah banyak manfaat menerapkan gaya hidup sehat, bukan saja membuat tubuh sehat, namun juga bisa membantu keuangan Anda. Jadi jelaslah hidup sehat merupakan hidup yang hemat. Bagaimana menurut Anda, setuju?




Hidup Sehat Hidup yang Hemat, Ini Buktinya Hidup Sehat Hidup yang Hemat, Ini Buktinya Reviewed by hariadiaffa@gmail.com on Februari 25, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar

Post AD

home ads